Skip to main content

CARA MENGATUR UANG GAJIAN ALA AKU


Hasil gambar untuk mengatur keuangan
Sumber Gambar: Google


Hallo,

Kali ini aku mau share bagaimana cara mengatur uang gajian/uang bulanan supaya kita ga perlu berhutang pas tanggal tua. Hehe.

Aku bukan pakar hanya newbie yang baru belajar dan ini worth it untuk aku yang sebelumnya sangat cuek dan bodo amat dalam mengatur keuangan.

Waktu kuliah, kalau uang habis aku selalu bilang -ah nanti juga ada rezeki lagi- selalu begitu berulang kali alhasil gak nabung-nabung. 

Sebenarnya bagus punya kepercayaan diri seperti itu, harus malah. Tapi, salahnya keyakinan itu membuat aku menjadi terlena dan se-bodo amat. Harusnya sikap yang aku ambil adalah aku yakin bahwa rezeki Allah itu luas dan banyak namun disamping itu aku juga perlu untuk mengaturnya dengan baik. Bukannya malah se-bodo amat dan bersikap boros. Hehehe. Jangan ditiru ya.

Akhirnya setelah bisa berpenghasilan sendiri, aku mulai menerapkan pola hidup teratur dalam mengelola keuangan.
Ini kita lagi ngomongin gaji yaa, yang pendapatannya fix tiap bulan segitu.
Sebelum memplot gaji, aku akan list kira kira uang itu akan tersebar kemana aja. Untuk apa untuk siapa saja.

Karena aku belum berkeluarga dan masih single, jadi cukup mudah untuk mengatur keuangan. Eitss, tapi apapun status kita, kita harus pandai dalam mengatur keuangan. Kalau engga, kita akan jadi pribadi yang boros. Jadi boros itu ga baik banget. Bener deh.

Aku biasa merincikan gajiku untuk apa aja. Hehe. Nanti kalau ditanya malaikat "Syafa, harta mu buat apa aja?" Ya tuan malaikat ini saya punya catatan, pagu perbulan biasanya buat ini ini dan ini. (Ya kali gitu)

Contohnya : 

1. Zakat : Alhamdulillah, Gaji bulanan di kantor aku sudah otomatis ke payroll zakatnya. Jadi, pendapatan yang aku dapat tiap bulan sudah bersih dan suci secara hukum islam. Buat yang belum, wajib banget hukumnya zakat (untuk yang beragama islam ya). Ngitungnya gampang, total  gaji kamu dikali 2,5% dibeberapa riwayat (cari sendiri ya rujukannya) dianjurkan untuk membayar lebih
.
2. Sedekah : Selain zakat, kita juga perlu memperbanyak sedekah. Supaya ga alpa, masukin aja sedekah sebagai salah satu pengeluaran kamu. Itu baik. Kamu akan bisa membandingkan antara sedekah dan jajan lebih besar yang mana. (Nominalnya kamu keep aja sendiri)

3. Bayar Hutang : Ini jadi item yang harus bisa ada bisa engga. Kalau bulan sebelumnya kamu berhutang karena suatu hal. Ya bayarlah pas punya uang. Setidaknya yang diutangin akan maklum dan sabar nunggu kok sampai kamu gajian.

4. Untuk Orang Tua dan Keluarga : single mau pun udah couple an saat kita sudah bisa menghasilkan sesuatu share semampu kita untuk dikasih ke orang tua kita dan keluarga. Biasanya aku kasih ke ortu sekian-sekian dan untuk keluarga dirumah aku biasa belikan kebutuhan dapur, traktir makan-makan, atau kebutuhan buat mandi (ya, tergantung butuhnya apa pas bulan itu).

6. Investasi/Menabung/Arisan:  Pada bagian ini, adalah plot untuk kamu -Saving/Investasi- aku gabungin keduanya karena tujuannya ya untuk menyimpan uang dalam waktu tertentu ya. Kalau aku pribadi ada uang yang di save untuk sampai akhir bulan (uang ini digunakan saat saat ga punya uang jajan) . Dan ada lagi yang buat investasi jangka pendek (deposit sama reksadana) ada juga yang memilih emas batangan atau perhiasan. Kalau aku, karena ga biasa pakai perhiasan, daripada hilang hehe aku mendingan deposit aja. Aku lagi coba coba buka tabungan emas sih. Kalah worth it aku lanjut, kalau engga cari yang lain.

7. Uang kondangan: Nah ini juga bisa menjadi item yang ada atau engga. Kalau memang ada, hitung berapa yang ngundang kamu ke nikahannya. Sisihkan sj semampu kamu.

8. Transportasi: Kalau ini aku biasa merinci, tiket kereta, uang parkir, dan uang bensin. Sejauh ini alokasi transportasi lari ke tiga hal itu. Kalau kamu ada tambahan atau pengurangan, disesuaikan aja.

9. Konsumsi/jajan:
Aku biasa memplotkan uang jajan hari kerja, dan uanh jajan buat akhir pekan (buat sewaktu waktu ada agenda) baiknya sisihkan uang jajan harian, supaya bisa disave buat hal lain. Kebanyakan jajan juga ga baik, ga jajan jajan juga kan bikin ga happy, hahaha.

Itulah sembilan alokasi yang biasanya aku plotkan untuk gaji. Kalau sudah dinominalkan akan lebih mudah. Menurutku, cukup worth it, karena aku akan ingat kebutuhanku dibulan itu apa saja. Dan apa apa yang ga aku perlukan. Jadi cukup mengontrol diri saat ada di luar.

Apa yang kita rencanakan, mungkin kenyataannya sering ga sesuai. Tapi, setidaknya kita berusaha dan berupaya untuk mengatur keuangan lebih baik.


Sekian dari aku ya, semoga bermanfaat.
:D

Comments

Popular posts from this blog

Persiapan Pernikahan #1 Edisi Mencari Gedung di Depok

form : pinterest Hallo! Alhamdulillah bisa ngeblog dan ngashare lagi pengalaman seputar kegiatan sehari-hari. Kali ini aku mau share tentang persiapan pernikahan aku yang tinggal 2 bulan lagi, Insya Allah kalau ga ada halangan. Apa yang akan aku share adalah hal-hal teknis terkait pernikahan. Jadi proses sebelum itu, mungkin aku share di postingan berikutnya. Well, secara teknis aku membagi persiapan pernikahan menjadi beberapa hal. 1. KUA 2. Gedung 3. WO (Wedding Orginazing) 4. Kesiapan Acara Sebenarnya hal pertama yang aku lakukan adalah mencari gedung/tempat acara. Mungkin kalau acaranya di rumah enaknya ga perlu pusing nyari tempat nikahan terlebih kalau daerahnya mudah di akses,, tempat parkirnya gampang, wuuh itu enak  banget nilai plus. Berhubung lokasi rumah aku susah susah gampang, aku sama calon mutusin untuk pakai gedung aja. Dalam mencari gedung ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan kami, diantaranya ini; 1. Aksesnya mudah dijangkau. 2. Gedung b

LOKASI FOTO OUTDOOR YANG BAGUS DI DEPOK

Wah ternyata dua minggu kemarin aku ga posting apa-apa di blog ini. Padahal program aku minimal seminggu sekali posting. Baelaaa aku akan rapel yaa untuk minggu ini. Jadi kali ini, oh ya sebelum itu, aku lagi di kereta sekarang. Lagi menuju kantor tepatnya, cukup padat tapi masih bisa nulis kok. Aku mau share tempat-tempat yang oke buat foto foto di Depok. Kebetulan aku warga Depok, Jawa Barat. Beberapa kali pernah foto di lokasi-lokasi ini. Semoga bermanfaat untuk kelen yaa. Lokasi ini khusus untuk kamu yang mau foto outdoor, jalan-jalan santai tapi gamau jauh-jauh (ini mah aku banget). Kebetulan di Depok banyak banget wisata alam sintetis gitu. Wisata alam buatan lah yaa, meski pun bukan wisata alam alami, tapi lokasi ini cukup bagus untuk dikunjungi di akhir pekan. Gak kalah bagus dengan wisata alam di puncak Bogor, yaa dengan suhu kota Depok laa yaaa. Nah, ini dia tempat-tempat di Kota Depok, Jawa Barat yang bagus untuk kalian rekreasi di akhir pekan atau untuk

4 Tips Mengatur Keuangan di Era Milenial

gambar: google Dalam mengatur keuangan pada era milenial ini memang mengalami tantangan tersendiri. Saat ini kita dimanjakan dengan berbagai akses online yang memudahkan untuk berbelanja dan membayarnya hanya dengan sekali klik. Bahkan iklan berbasis kredit online dengan prosedur pendaftaran yang mudahpun kian marak ditawarkan dimana-mana. Lantas bagaimana kita mengatur keuangan di era yang serba mudah ini agar tidak lebih besar pasak dari pada tiang? 1. Membuat Alokasi Gaji, Skala Prioritas, dan Komitmen! Yup, mungkin tidak perlu diajarkan lagi. Hampir setiap orang memiliki alokasi gaji tersendiri. Membuat alokasi gaji akan memudahkan kita untuk melihat penyaluran gaji kita. Tidak hanya sampai disitu, mengurutkannya sesuai dengan skala prioritas akan mencegah kita dari kesalahan dalam mengelola keuangan. Misalnya, ada cicilan yang harus dibayar tapi karena ada barang yang juga ingin dibeli, kita malah memilih membeli barang tersebut yang harusnya dapat ditunda dari pada