Skip to main content

4 Tips Mengatur Keuangan di Era Milenial

gambar: google




Dalam mengatur keuangan pada era milenial ini memang mengalami tantangan tersendiri. Saat ini kita dimanjakan dengan berbagai akses online yang memudahkan untuk berbelanja dan membayarnya hanya dengan sekali klik. Bahkan iklan berbasis kredit online dengan prosedur pendaftaran yang mudahpun kian marak ditawarkan dimana-mana. Lantas bagaimana kita mengatur keuangan di era yang serba mudah ini agar tidak lebih besar pasak dari pada tiang?

1. Membuat Alokasi Gaji, Skala Prioritas, dan Komitmen!

Yup, mungkin tidak perlu diajarkan lagi. Hampir setiap orang memiliki alokasi gaji tersendiri. Membuat alokasi gaji akan memudahkan kita untuk melihat penyaluran gaji kita. Tidak hanya sampai disitu, mengurutkannya sesuai dengan skala prioritas akan mencegah kita dari kesalahan dalam mengelola keuangan. Misalnya, ada cicilan yang harus dibayar tapi karena ada barang yang juga ingin dibeli, kita malah memilih membeli barang tersebut yang harusnya dapat ditunda dari pada membayar hal yang sudah pasti merupakan kewajiban.

Oleh karena itu penting sekali komitmen dalam mengalokasikan gaji yang sudah dibuat berdasarkan skala prioritas tadi. Komitmen akan membuat kita menjadi lebih bijaksana dalam mengelola keuangan.

2. Tunaikan Kewajiban Financial

Jika kita memiliki kewajiban financial yakni hal-hal yang harus ditunaikan dan tidak bisa ditunda maka ada baiknya tunaikan kewajiban dulu sebelum mengalokasikan gaji ke hal lain
Misalnya seperti kewajiban membayar zakat (jika memang sudah menjadi wajib zakat), mengirimkan uang saku untuk kedua orang tua, dahulukan juga bersedekah baik diwaktu lapang dan di waktu sempit, berbagi akan membuat hati kita lapang dan terhindar dari sifat pelit/kikir.

Kemudian, hal-hal yang bersifat fix cost, seperti listrik, air, gas. Lalu, jika ada cicilan, ada baiknya simpan untuk membayar cicilan. Kita tidak maukan dikejar-kejar oleh dept collector karena tidak membayar cicilan?

3. Menabung, Berinvestasi, Mulai Bisnismu Sendiri

Sisihkan setidaknya 10-20% dari gaji yang kita dapatkan setelah dikurangi dengan kewajiban financial tadi untuk ditabung atau diinvestasikan. Jika bisa lebih akan sangat baik sekali untuk kekuatan financialmu. Menabung bisa dengan tabungan berjangka jika kita khawatir akan terpakai ditengah bulan, atau bisa investasi dalam bentuk emas LM, perhiasan, reksadana dengan resiko rendah (tergantung kemampuan).

Setelahnya baru gunakan untuk konsumsi. Jika gaji yang didapatkan serasa kurang carilah tambahan diluar gaji utama kamu. Kadang kita tidak bisa selamanya mengandalkan gaji utama kita ya kan?

Berbisnis termasuk salah satu upaya untuk investasi jangka panjang, ada bisnis dengan resiko rendah ada dengan resiko tinggi, tinggal bagaimana kita mau memulainya saja. Siapa tau bisnis yang kita upayakan ini bisa menjadi penghasilan utama dan sumber pendapatan bagi banyak orang kedepannya. Dengan begini kita bisa menjadi pribadi yang berdikari.

4. Bedakan Keinginan dan Kebutuhan  (Tahan Nafsu)

Penting banget untuk membedakan mana kebutuhan mana keinginan, sebab mengikuti keinginan tidak akan pernah mencapai kepuasan. Hal ini dapat berbahaya kalau kita tidak mampu mengontrolnya terutama saat sedang berbelanja. Kalau perlu buat budget dan list apa saja barang-barang yang kamu butuhkan selama berbelanja yah. Kalaupun realitanya harus mengalami overbudget, pastikan tidak melebihi 10-20% dari daftar belanja kamu.

Yuk tahan hawa nafsu untuk belanja ini itu sekiranya tidak perlu.

Itulah empat langkah yang bisa kita aplikasikan dalam mengatur keuangan di era yang serba digital ini, era milenial. Semoga bermanfaat.



Comments

  1. Terlihat mudah. Tapi susah ya sebenernya ngatur uang tuh, butuh support . Hehe. good tulisannya. .

    ReplyDelete
  2. Waaah makasih sudah "mengingatkan" lewat tulisan ini mbaaaak <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama mbaa, terima kasih sudah baca blog aku

      Delete
  3. Keren tipsnya, keinginan dan kebutuhan kadang beda tipis hehee dan hal yg berat adalah menahan godaan belanja online alias belanja yg tidak perlu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe betul banget mba. pasarnya makin deket mba, pindah ke handphone soalnya :DD

      Delete
  4. Setuju dan penting banget emang mengatur keuangan apalagi untuk yang sudah berkeluarga yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, kebutuhan dan tanggung jawabnya juga sudah beda :D

      Delete
  5. Apalagi saat di rumah saja seperti ini. Godaan belanja online lebih besar. Harus punya komitmen untuk membuat perencanaan keuangan. Nice share mba.. terima kasih 😊

    ReplyDelete
  6. Ini yg lagi belajar membedakan Antara keinginan dan kebutuhan, lebih bnyk keinginan di alur kebutuhan akutuh😁

    ReplyDelete
  7. Kadang tuh krn besarnya keinginan, menjadikannya butuh. Padahal tidak😂

    ReplyDelete
  8. MasyaAllah, bener banget, ngatur keuangan fokusnya harus dikeakhiratan dulu, karena kalo ga gitu, suka spending too much to keduniawian. Jazakillah atas sharingnya ya.

    ReplyDelete
  9. keinginan dan kebutuhan...biasanya lbh bnyk keinginan ^^

    ReplyDelete
  10. Mengontrol keinginan itu yang perlu ekstra usaha. Tapi harus bisa ya mbak?

    ReplyDelete
  11. Terlihat simple tpi memang harus penuh konsistensi sih🤣

    ReplyDelete
  12. Klo full mom kyak saya begini paling cma bisa no.4 dlu nih mba 😆

    ReplyDelete
  13. Wah aku jadi keinget pengen punya bisnis yang bisa jadi investasi jangka panjang 😅. Makasih sharingnya Mba 😊

    ReplyDelete
  14. hihi makasih mbaak useful tips. aku & suami juga baru aja launching produk kuliner pertama kami 😁

    ReplyDelete
  15. Nice sharing mba, belajar manajemen finansial ini penting walaupun panjang memang ya. Harus disiplin praktek dan teliti pelajari instrumen finansial yang macem2..

    ReplyDelete
  16. penting banget ini manajemen keuangan keluarga, apalagi di tengah pandemi begini, kita harus lebih mengencangkan ikat pinggang xD

    ReplyDelete
  17. terima kasih sharingnya ☺️

    ReplyDelete
  18. Aku tiap abis gajian selalu bagi-bagi gaji ke pos pengeluaran mba. tapi teteeep aja kadang "khilaf" xD

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Persiapan Pernikahan #1 Edisi Mencari Gedung di Depok

form : pinterest Hallo! Alhamdulillah bisa ngeblog dan ngashare lagi pengalaman seputar kegiatan sehari-hari. Kali ini aku mau share tentang persiapan pernikahan aku yang tinggal 2 bulan lagi, Insya Allah kalau ga ada halangan. Apa yang akan aku share adalah hal-hal teknis terkait pernikahan. Jadi proses sebelum itu, mungkin aku share di postingan berikutnya. Well, secara teknis aku membagi persiapan pernikahan menjadi beberapa hal. 1. KUA 2. Gedung 3. WO (Wedding Orginazing) 4. Kesiapan Acara Sebenarnya hal pertama yang aku lakukan adalah mencari gedung/tempat acara. Mungkin kalau acaranya di rumah enaknya ga perlu pusing nyari tempat nikahan terlebih kalau daerahnya mudah di akses,, tempat parkirnya gampang, wuuh itu enak  banget nilai plus. Berhubung lokasi rumah aku susah susah gampang, aku sama calon mutusin untuk pakai gedung aja. Dalam mencari gedung ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan kami, diantaranya ini; 1. Aksesnya mudah dijangkau. 2. Gedung b

LOKASI FOTO OUTDOOR YANG BAGUS DI DEPOK

Wah ternyata dua minggu kemarin aku ga posting apa-apa di blog ini. Padahal program aku minimal seminggu sekali posting. Baelaaa aku akan rapel yaa untuk minggu ini. Jadi kali ini, oh ya sebelum itu, aku lagi di kereta sekarang. Lagi menuju kantor tepatnya, cukup padat tapi masih bisa nulis kok. Aku mau share tempat-tempat yang oke buat foto foto di Depok. Kebetulan aku warga Depok, Jawa Barat. Beberapa kali pernah foto di lokasi-lokasi ini. Semoga bermanfaat untuk kelen yaa. Lokasi ini khusus untuk kamu yang mau foto outdoor, jalan-jalan santai tapi gamau jauh-jauh (ini mah aku banget). Kebetulan di Depok banyak banget wisata alam sintetis gitu. Wisata alam buatan lah yaa, meski pun bukan wisata alam alami, tapi lokasi ini cukup bagus untuk dikunjungi di akhir pekan. Gak kalah bagus dengan wisata alam di puncak Bogor, yaa dengan suhu kota Depok laa yaaa. Nah, ini dia tempat-tempat di Kota Depok, Jawa Barat yang bagus untuk kalian rekreasi di akhir pekan atau untuk